Tampang

Jaringan Bank Global Mulai Mengadopsi Teknologi Bitcoin untuk Transaksi

13 Okt 2024 18:20 wib. 71
0 0
Jaringan Bank Global Mulai Mengadopsi Teknologi Bitcoin untuk Transaksi
Sumber foto: iStock

Jaringan bank global SWIFT berencana untuk menguji transaksi real-time menggunakan mata uang digital dan token aset mulai tahun depan. Uji coba ini menandai integrasi teknologi blockchain ke dalam sistem finansial global.

Proses adopsi blockchain atau distributed ledger, yaitu teknologi yang mendasari bitcoin dan aset kripto lainnya oleh industri keuangan cenderung lambat. Meskipun begitu, bank dan perusahaan pengelola aset global telah mencari cara untuk mengkonversi aset tradisional menjadi "token". Hal ini menjadi langkah penting dalam menghadirkan perubahan dalam sistem keuangan global.

Banyak bank dan lembaga keuangan lain berharap bahwa penggunaan blockchain akan membuat perdagangan aset menjadi lebih cepat, murah, dan efisien karena menghapus kebutuhan atas "pihak perantara" untuk transaksi lintas-batas negara. Adopsi blockchain akan membawa dampak positif bagi industri keuangan dengan mempercepat proses transaksi dan juga meminimalisir biaya transaksi yang dikeluarkan.

Reuters melaporkan bahwa sekitar 90 persen bank sentral dunia saat ini menguji penggunaan teknologi blockchain untuk menerbitkan versi digital dari mata uang masing-masing yang dikenal sebagai central bank digital currency (CBDC). Hal ini menunjukkan bahwa cryptocurrency dan teknologi blockchain semakin memainkan peran penting dalam dunia keuangan global.

SWIFT telah melakukan uji coba untuk penggunaan central bank digital currency (CBDC) maupun tokenisasi aset. Pada bulan Maret, lembaga tersebut juga mengumumkan platform yang menghubungkan CBDC ke dalam sistem keuangan yang ada saat ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Belajar di Alam, Itu Mengasyikkan!
0 Suka, 0 Komentar, 18 Apr 2018
Mengapa Humor Penting dalam Hubungan Sosial
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.