Tampang

Ini Alasan Meta Mendorong Penggunaan Model AI Open Source Gratis

27 Jul 2024 07:20 wib. 75
0 0
Alasan Meta Mendorong Penggunaan Model AI Open Source Gratis
Sumber foto: Google

CEO Meta, Mark Zuckerberg, baru-baru ini membagikan video di Instagramnya, menyerukan industri teknologi untuk menggunakan AI open-source. Langkah ini diambil setelah Meta merilis Llama 3.1 405B, model AI open-source yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis dan diklaim setara dengan GPT-4.

   Berbeda dengan pendekatan perusahaan lain seperti OpenAI dan Google yang menggunakan model AI tertutup, Llama 3.1 405B memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menjalankannya tanpa biaya, selama memiliki komputer dengan spesifikasi tinggi. Model AI open-source ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memodifikasinya sesuai kebutuhan, berbeda dengan model bisnis yang mengenakan biaya atas penggunaan model AI.

Zuckerberg berpendapat bahwa AI open-source memberikan akses teknologi yang lebih luas dan merata, bukan hanya terbatas pada perusahaan-perusahaan besar. Menurutnya, model open-source ini juga meningkatkan keamanan dan kemampuan AI karena lebih banyak peneliti dan pengembang yang dapat memeriksanya serta menemukan kekurangan yang ada. Namun, ada kekhawatiran bahwa AI open-source bisa dimanfaatkan oleh pesaing seperti China, namun menurut Zuckerberg, model AI tertutup juga rentan untuk disusupi. Selain itu, model tertutup juga membatasi akses teknologi AI hanya pada perusahaan-perusahaan besar.

   Selain itu, Zuckerberg juga menekankan pentingnya kerja sama antara perusahaan dan pemerintah untuk memanfaatkan AI open-source guna mempertahankan keunggulan kompetitif. Dia juga menyinggung ketidaksukaannya terhadap kendali yang diberlakukan oleh Apple terkait pembaruan aplikasi Meta di iOS, hal ini adalah salah satu motivasi untuk mengadopsi teknologi open-source. Diketahui bahwa Meta telah lama menawarkan bahasa pemrograman open-source yang populer, seperti React.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Stop Meniup Makanan Panas!
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?