Tampang

Efek Teknologi AI, Gelombang PHK Karyawan Bank Jadi Kenyataan

12 Okt 2024 19:00 wib. 62
0 0
Efek Teknologi AI, Gelombang PHK Karyawan Bank Jadi Kenyataan
Sumber foto: iStock

Beberapa bank besar lainnya juga telah memanfaatkan kecerdasan buatan dalam berbagai aspek bisnis mereka. UBS Group AG di regional Eropa telah mengembangkan tool AI untuk membantu menawarkan transaksi M&A kepada klien dengan lebih efisien, sementara Deutsche Bank AG menggunakan kecerdasan buatan untuk memindai portofolio klien kaya. Sementara itu, ING Groep NV menggunakan teknologi AI untuk menyaring nasabah yang berpotensi gagal bayar.

Dalam perubahan tenaga kerja yang disebabkan oleh adopsi AI, terdapat tantangan baru dalam perekrutan. Penggunaan teknologi AI membutuhkan keahlian yang belum tentu dimiliki oleh staf yang sudah ada. Untuk mengatasi hal ini, beberapa bank, seperti ING dari Belanda, secara aktif merekrut pakar kecerdasan buatan dan teknologi informasi guna mengembangkan sektor teknologi dalam bisnis mereka.

Kesadaran akan dampak teknologi AI juga terlihat dari strategi perusahaan perbankan di berbagai negara. CaixaBank dari Spanyol, misalnya, telah merencanakan pembentukan tim dengan ratusan pakar kecerdasan buatan dan IT untuk menyoroti teknologi ini sebagai pilar strategi baru mereka. Langkah ini mencerminkan upaya industri perbankan dalam mempersiapkan diri menghadapi era digital dan pemanfaatan kecerdasan buatan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.