Tampang

Michelle Yeoh Membuat Sejarah dengan Kemenangan Aktris Terbaik Oscar

12 Mar 2024 22:32 wib. 425
0 0
Michelle Yeoh Membuat Sejarah dengan Kemenangan Aktris Terbaik Oscar
Sumber foto: Google

Michelle Yeoh memenangkan aktris terbaik di Academy Awards ke-95 pada Minggu malam dan menjadi wanita keturunan Asia pertama yang mendapat penghargaan tersebut.

Yeoh, yang mendapatkan piala untuk penampilannya yang diakui dalam film "Everything Everywhere All at Once," juga masuk dalam catatan sejarah karena menjadi artis kelahiran Malaysia pertama yang mendapatkan penghargaan Oscar sebagai aktris terbaik.

Yeoh adalah orang keturunan Asia kelima yang memenangkan Oscar dalam kategori akting dan orang pertama yang menang dalam kategori pemeran utama.

"Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya yang menonton malam ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan. Ini adalah bukti untuk bermimpi besar dan mimpi bisa menjadi kenyataan," ujar Yeoh saat menerima piala Oscarnya.

Ia menambahkan: "Para wanita, jangan biarkan siapa pun mengatakan bahwa Anda telah melewati masa kejayaan Anda."

Yeoh mendedikasikan piala Oscar-nya untuk ibunya, dan "semua ibu di dunia, karena mereka adalah pahlawan super dan tanpa mereka, tak seorang pun dari kita yang akan berada di sini malam ini."

Dalam film "Everything Everywhere All at Once," Yeoh memerankan Evelyn Wang, seorang imigran Asia-Amerika yang terkepung yang mengelola sebuah binatu dan dihadapkan pada prospek mengejutkan tentang kemungkinan kehidupan yang tak terbatas sebagai bagian dari multiverse. Saat dia menavigasi medan baru yang aneh ini dan mendapatkan kekuatan baru yang luar biasa, dia harus berdamai dengan perpecahan dalam keluarganya yang pada akhirnya menimbulkan ancaman eksistensial yang serius - sambil menghadapi audit pajak.

Setelah mengetahui nominasi filmnya yang mencetak sejarah pada bulan Januari, Yeoh mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa "ini membutuhkan waktu yang lama. Tapi saya pikir ini lebih dari sekadar saya." Dia juga menyebutkan bahwa secara terus-menerus, "Orang-orang Asia (berjalan) menghampiri saya dan berkata, 'Kamu bisa melakukannya, kamu melakukannya untuk kami. Ini seperti, 'Saya mengerti. Saya benar-benar mengerti. Selama ini, mereka tidak diakui, mereka tidak didengar."

"Everything Everywhere All at Once" juga dibintangi oleh Ke Huy Quan dan Jamie Lee Curtis, yang keduanya menang dalam kategori akting pendukung pada Minggu malam.

Secara keseluruhan, film ini memenangkan tujuh Academy Awards dari 11 nominasi, termasuk film terbaik. Di antara kemenangan lainnya, "Everything Everywhere" meraih penghargaan untuk skenario asli terbaik dan sutradara terbaik untuk duo Daniel Kwan dan Daniel Scheinert.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?