Tampang

Kecintaan Aruma Terhadap Lingkungan dan Alam

26 Jul 2024 09:36 wib. 146
0 0
Kecintaan Aruma Terhadap Lingkungan dan Alam
Sumber foto: website

Aruma, seorang penyanyi solo muda yang baru saja meraih penghargaan AMI Award 2023 dan merilis album penuh pertamanya berjudul Berbunga, kini tak hanya fokus pada karier musiknya. Ia terlibat dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya adalah proyek komposter untuk masyarakat padat di Lebak Siliwangi.

Proyek ini didasari oleh kebutuhan mendesak di sekitar kampus untuk membantu pengolahan limbah makanan dari para pedagang dan penghuni setempat. Aruma yang turut berperan dalam menjalankan proyek tersebut, menyatakan, "Aku melihat bahwa Lebak Siliwangi cukup padat dengan pedagang yang juga tinggal di situ. Mereka sering menghasilkan limbah makanan yang cukup banyak setiap harinya. Hal ini coba kita manfaatkan untuk diolah menjadi kompos sebagai pupuk organik."

Untuk merancang komposter ini, Aruma berfokus pada kebutuhan lokal masyarakat. Ia menciptakan komposter yang dapat digantung di dinding, sesuai dengan kebiasaan warga yang lebih suka menggantung kantong sampah. Dengan desain ini, diharapkan warga lebih tertarik dan mudah dalam mengelola limbah makanan mereka.

Aruma memilih bahan aluminium sebagai material komposter karena sifatnya yang tahan air dan tidak mudah lembab. Hal ini penting mengingat limbah makanan cenderung basah dan dapat menyebabkan pembusukan jika tidak dikelola dengan baik. Keputusan ini menunjukkan perhatian Aruma pada ketersediaan bahan lokal yang ramah lingkungan untuk proyeknya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.