Tampang

Menelusuri Kisah dalam "Bumi Manusia" oleh Pramoedya Ananta Toer

17 Jul 2024 11:38 wib. 182
0 0
Menelusuri Kisah dalam "Bumi Manusia" oleh Pramoedya Ananta Toer
Sumber foto: google

"Bumi Manusia" adalah salah satu karya monumental dari penulis besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Novel ini merupakan bagian pertama dari tetralogi Buru yang terdiri dari "Bumi Manusia", "Anak Semua Bangsa", "Jejak Langkah", dan "Rumah Kaca". Diterbitkan pertama kali pada tahun 1980, "Bumi Manusia" mengisahkan perjuangan seorang pemuda pribumi bernama Minke yang berusaha menemukan identitasnya di tengah penjajahan Belanda. Novel ini tidak hanya menjadi cerminan kondisi sosial-politik Indonesia pada masa kolonial, tetapi juga menggugah pembaca tentang arti kebebasan, keadilan, dan kemanusiaan.

 Latar Belakang Novel

Cerita "Bumi Manusia" berlatar belakang akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 di Hindia Belanda, masa ketika Indonesia masih berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda. Pramoedya Ananta Toer menggunakan periode ini untuk menggambarkan konflik sosial, politik, dan budaya yang dialami oleh masyarakat Indonesia, terutama kaum pribumi, dalam menghadapi penindasan dan ketidakadilan. Pramoedya sendiri menulis novel ini selama berada di penjara Pulau Buru, di mana ia ditahan tanpa pengadilan oleh rezim Orde Baru.

 Tokoh Utama: Minke

Minke adalah tokoh utama dalam "Bumi Manusia". Ia adalah seorang pemuda pribumi yang cerdas dan berpendidikan tinggi. Melalui mata Minke, pembaca diajak untuk melihat ketidakadilan dan diskriminasi yang terjadi di Hindia Belanda. Minke, yang merupakan cerminan dari sosok Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan pergerakan nasional Indonesia, berusaha mencari makna kebebasan dan keadilan dalam masyarakat yang penuh dengan diskriminasi rasial dan kelas.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tampil Menarik Ke Acara Kondangan
0 Suka, 0 Komentar, 19 Apr 2021

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?