Tampang

Aroma “Gadis” Rokok Kretek Buatan Jeng Yah

24 Mar 2024 12:53 wib. 145
0 0
Gadis Kretek
Sumber foto: mediapromed.com

Film series Netflix yang diadaptasi dari novel Gadis kretek karya Ratih Kumala, yang berjudul sama dengan novelnya ini di sutradrai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo (Dasiyah), Aryo Bayu (Soeraja), Arya saloka (Lebas) dan Putri Marino (Arum Cengkeh). Gadis Kretek menceritakan tentang industri rokok kretek dikota M milik ayah Jeng Yah bernama Idrus Muria (Rukhman Rosadi) yang kala itu menguasai industri rokok kota M.

Sejak kecil Dasiyah yang sering kali akrab dipanggil Jeng Yah ini sering kali membantu ayahnya, Idrus dalam bisnis rokok kretek di kota M. Namun saking cintanya Jeng Yah pada industri rokok ini  kerap kali Jeng Yah bermimpi untuk membuat saus campuran kretek. Sayangnya budaya patriarki kala itu membuat mimpi nya terhalang.

Saus rokok akan menjadi asam apabila ada perempuan masuk kedalam ruang saus, budaya patriarki tersebut yang membuat Jeng Yah harus bersembunyi pada saat membuat saus rokok di ruangan saus. Selain itu Dasiyah juga pandai memilih tembakau, tak heran ayahnya Idrus sering kali meminta Dasiyah untuk melinting rokok untuk nya.

Rokok Gadis buatan Dasiyah awalnya tidak dapat di terima di masyarakat lantaran pada kala itu masyarakat kota M masih memegang teguh budaya patriarki. Soeraja seorang laki-laki yang di temukan dan diangkat menjadi buruh kerja oleh Idrus ayah Jeng Yah pada saat terlibat perkelahian di pasar diangkat sebagai mandor untuk membantu Jeng yah membangun bisnis rokok kretek ayahnya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?