Tampang

Upacara dan Festival Utama dalam Agama Hindu dan Buddha

22 Jul 2024 18:48 wib. 208
0 0
Festival Hindu Budha
Sumber foto: Google

Rath Yatra

Rath Yatra, atau Festival Kereta Kuda, adalah perayaan besar yang diadakan di Puri, Odisha. Festival ini merayakan kedatangan Tuhan Jagannath, sebuah bentuk dari Vishnu, bersama saudara-saudaranya Balabhadra dan Subhadra. Selama festival ini, patung-patung dewa diletakkan di kereta kuda besar dan ditarik melalui jalan-jalan kota oleh ribuan umat.

Ganesh Chaturthi

Ganesh Chaturthi adalah festival yang merayakan kelahiran Dewa Ganesha, dewa kebijaksanaan dan penghapus rintangan. Festival ini dimulai pada bulan Agustus atau September dan berlangsung selama sepuluh hari. Selama periode ini, patung-patung Ganesha dibuat dari tanah liat dan dihias dengan warna-warni yang cerah. Pada akhir festival, patung-patung tersebut diarak ke sungai atau laut untuk disucikan.

Upacara dan Festival Utama dalam Agama Buddha

Waisak

Waisak adalah festival yang merayakan kelahiran, pencerahan, dan kematian Sang Buddha, Siddhartha Gautama. Dirayakan pada bulan Mei atau Juni, Waisak adalah hari suci yang diakui secara internasional. Selama Waisak, umat Buddha melakukan meditasi, berdoa, dan memberikan sumbangan kepada orang yang membutuhkan. Ini adalah kesempatan untuk merefleksikan ajaran Buddha dan memperdalam praktik spiritual.

Loy Krathong

Loy Krathong adalah festival Thailand yang dirayakan pada bulan November, bertepatan dengan bulan purnama. Festival ini melibatkan peluncuran "krathong" (perahu kecil yang terbuat dari daun pisang) yang dihiasi dengan bunga, dupa, dan lilin ke dalam sungai atau kolam. Loy Krathong melambangkan pembersihan diri dan permohonan untuk keberuntungan serta kebahagiaan.

Losar

Losar adalah festival Tahun Baru Tibet yang biasanya dirayakan pada bulan Februari atau Maret. Festival ini merayakan tahun baru Tibet dengan berbagai ritual dan acara, termasuk tarian, doa, dan makan bersama keluarga. Losar juga merupakan waktu untuk membersihkan diri dari keburukan dan memulai tahun baru dengan semangat baru.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rendang
0 Suka, 0 Komentar, 23 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.