Tampang

Tradisi Ramadhan dan Idul Fitri di Indonesia

17 Jul 2024 11:55 wib. 262
0 0
Tradisi Ramadhan dan Idul Fitri di Indonesia
Sumber foto: google

4. Zakat Fitrah

   Sebelum Idul Fitri, umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah sebagai bentuk penyucian diri dan solidaritas sosial. Zakat fitrah biasanya berupa beras atau uang yang diberikan kepada yang membutuhkan. Pengumpulan zakat fitrah dilakukan oleh masjid atau lembaga zakat, kemudian disalurkan kepada fakir miskin.

5. Mudik

   Mudik adalah tradisi pulang kampung yang dilakukan menjelang Idul Fitri. Jutaan orang di seluruh Indonesia melakukan perjalanan untuk merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Mudik menjadi fenomena sosial dan budaya yang sangat khas di Indonesia, seringkali diwarnai dengan kemacetan dan kepadatan transportasi.

 Tradisi Idul Fitri

1. Takbiran

   Malam sebelum Idul Fitri, umat Islam merayakan dengan mengumandangkan takbir. Takbiran dilakukan di masjid-masjid, mushola, atau di jalan-jalan dengan pawai obor dan bedug. Suasana malam takbiran penuh dengan kegembiraan dan semangat menyambut hari kemenangan.

2. Shalat Idul Fitri

   Shalat Idul Fitri dilakukan pada pagi hari 1 Syawal di lapangan terbuka atau masjid. Shalat ini diikuti oleh khutbah yang mengingatkan umat Islam tentang makna Idul Fitri sebagai hari kemenangan dan ajakan untuk menjaga kesucian hati setelah sebulan berpuasa.

3. Halal Bihalal

   Setelah shalat Idul Fitri, tradisi bersilaturahmi atau halal bihalal dilakukan. Keluarga, tetangga, dan teman saling mengunjungi untuk bermaafan dan mempererat hubungan. Tradisi ini mencerminkan nilai-nilai kebersamaan, saling memaafkan, dan memperkuat ikatan sosial.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mengapa Kita Harus Liburan?
0 Suka, 0 Komentar, 26 Des 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.