Tampang

Tradisi Ramadhan dan Idul Fitri di Indonesia

17 Jul 2024 11:55 wib. 264
0 0
Tradisi Ramadhan dan Idul Fitri di Indonesia
Sumber foto: google

Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, merayakan bulan Ramadhan dan Idul Fitri dengan tradisi yang kaya dan beragam. Setiap daerah memiliki cara unik untuk menyambut dan merayakan kedua momen penting ini dalam kalender Islam. Artikel ini akan menjelajahi berbagai tradisi Ramadhan dan Idul Fitri di Indonesia serta makna yang terkandung di dalamnya.

 Tradisi Ramadhan

1. Sahur dan Iftar Bersama

   Selama bulan Ramadhan, umat Islam di Indonesia bangun dini hari untuk sahur, makanan sebelum fajar. Tradisi sahur bersama keluarga atau tetangga merupakan salah satu momen yang dinantikan. Selain sahur, iftar atau buka puasa juga menjadi acara penting. Banyak masjid dan komunitas mengadakan acara buka puasa bersama, menciptakan suasana kebersamaan dan kepedulian sosial.

2. Tarawih dan Tadarus Al-Quran

   Shalat Tarawih adalah ibadah sunnah yang dilakukan setelah shalat Isya selama bulan Ramadhan. Di Indonesia, shalat Tarawih dilakukan di masjid-masjid dengan jumlah rakaat yang bervariasi, biasanya 8 atau 20 rakaat. Selain itu, tadarus atau membaca Al-Quran secara bersama-sama juga merupakan tradisi yang umum, sering dilakukan di masjid atau rumah.

3. Ngabuburit

   Ngabuburit adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas menunggu waktu berbuka puasa. Aktivitas ini bisa berupa jalan-jalan, berolahraga ringan, atau berkumpul bersama teman dan keluarga. Di beberapa daerah, pasar takjil yang menjual berbagai makanan dan minuman untuk berbuka menjadi pusat keramaian selama sore hari di bulan Ramadhan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.