Tampang

Tata Cara Umrah Panduan Langkah Demi Langkah

26 Mar 2024 17:09 wib. 543
0 0
Umrah

Umrah adalah salah satu bentuk ibadah yang penting bagi umat Islam. Melaksanakan umrah adalah kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan diri dari dosa-dosa, dan mendapatkan berkah serta pahala yang besar. Sebagai ibadah yang penting, umrah memiliki tata cara yang harus diikuti dengan seksama. Berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam melaksanakan umrah.

Tata Cara Umrah
1. Niat: Sebelum memulai umrah, hendaklah seseorang menentukan niat untuk melaksanakan ibadah umrah. Niat harus benar-benar ikhlas dan tulus semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  
2. Ihram: Tahap kedua adalah memasuki ihram, yaitu memakai pakaian ihram dan berniat ihram. Pakaian ihram terdiri dari kain putih yang sederhana bagi laki-laki, sementara perempuan bisa menggunakan pakaian ihram yang sesuai dengan syariat Islam. Dalam keadaan ihram, ada beberapa larangan yang harus dihindari, seperti mencukur, memotong kuku, berhubungan suami istri, dan lain-lain.

3. Tawaf: Setelah sampai di Masjidil Haram di Mekah, langkah selanjutnya adalah melakukan tawaf. Tawaf adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali secara berlawanan arah jarum jam. Selama melakukan tawaf, hendaknya berzikir dan berdoa dengan khusyuk.

4. Sai: Setelah menyelesaikan tawaf, langkah berikutnya adalah melakukan sai, yaitu berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sai mengingatkan kita pada perjuangan Hajar yang berlari mencari air untuk putranya Ismail.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Seni Ekspresi
0 Suka, 0 Komentar, 10 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?