Tampang

Tafsir QS. Luqman Ayat 16 : Setiap Perbuatan Ada Balasannya

30 Mei 2024 16:37 wib. 80
0 0
Ilustrasi mendidik anak
Sumber foto: Pinterest

Tafsir QS. Luqman ayat 16 tentang nasihat Luqman kepada anaknya merupakan salah satu nasehat yang penuh hikmah dan dapat dijadikan pedoman dalam mendidik anak. Ayat ini menyiratkan makna yang mendalam tentang konsep balasan dari setiap perbuatan manusia, baik itu kecil maupun besar, dalam pandangan Allah Swt.

Nasihat Luqman kepada anaknya dalam ayat ke-16, "Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasnya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui." Ayat ini merupakan pencerminan dari kebijaksanaan seorang ayah yang berupaya memberikan petunjuk dan arahan kepada anaknya agar dapat hidup sesuai dengan ajaran agama.

Makna dari nasihat ini adalah bahwa setiap perbuatan manusia, baik itu baik atau buruk, walaupun sekecil apapun (seberat biji sawi), akan tetap mendapat balasan yang setimpal dari Allah. Hal ini menunjukkan keadilan Allah Swt dalam menilai setiap perbuatan hamba-Nya. Tidak ada satu pun tindakan yang luput dari perhatian-Nya, baik yang tersembunyi maupun yang terang-terangan.

Dengan demikian, dalam mendidik anak, Luqman mengajarkan untuk senantiasa memiliki kesadaran bahwa setiap perbuatan yang dilakukan akan mendapat balasan dari Allah. Hal ini sekaligus mengajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab atas setiap tindakan yang mereka lakukan, baik di hadapan manusia maupun di hadapan Tuhannya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Bolehkah Air Hujan Dikonsumsi?
0 Suka, 0 Komentar, 30 Mei 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%