Tampang

Sunnah-sunnah Dalam Bulan Ramadan: Menjaga Kesehatan dan Kualitas Iman

22 Mar 2024 10:27 wib. 428
0 0
Bulan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Selain kewajiban puasa yang harus dilaksanakan, terdapat pula sunnah-sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan ini. Sunnah-sunnah tersebut merupakan tuntunan Rasulullah SAW yang hendaknya diikuti oleh umat Muslim. Dalam melakukan sunnah-sunnah di bulan Ramadan, tidak hanya kesehatan fisik yang diperhatikan, tetapi juga kualitas iman seseorang.

Salah satu sunnah yang sangat dianjurkan adalah meningkatkan ibadah shalat. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang mendirikan shalat di bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjaga shalat lima waktu dan meningkatkan kualitas shalat selama bulan Ramadan.

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk melakukan berbuka puasa dengan kurma atau air putih. Hal ini sesuai dengan hadits beliau yang menyatakan, "Jika salah seorang di antara kalian berbuka puasa, maka hendaklah ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air, karena sesungguhnya air itu suci." Selain menjadi pilihan yang sehat, berbuka puasa dengan makanan yang disunnahkan juga dapat membawa berkah dalam ibadah.

Selanjutnya, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk menyantuni fakir miskin dan memberikan sedekah secara rutin selama bulan Ramadan. Hal ini merupakan bagian dari kepedulian terhadap sesama yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Seorang mukmin tidak boleh merasa kenyang sedangkan tetangganya berkekurangan.” Dengan meningkatkan pemberian sedekah di bulan suci ini, umat Islam dapat merasakan kebahagiaan dalam berbagi rezeki dengan sesama.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

7 Fakta Menarik tentang Warna
0 Suka, 0 Komentar, 12 Sep 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?