Tampang

Retno Marsudi Ditunjuk Jadi Utusan Khusus PBB Untuk Isu Air Dunia, Mulai Bekerja 1 November

18 Sep 2024 11:28 wib. 40
0 0
Retno Marsudi Ditunjuk Jadi Utusan Khusus PBB Untuk Isu Air Dunia, Mulai Bekerja 1 November
Sumber foto: Google

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, telah ditunjuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Utusan Khusus untuk isu air dunia. Pengumuman penting ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, melalui laman resmi PBB. Retno Marsudi diharapkan akan memulai tugasnya sebagai Utusan Khusus.

Retno Marsudi merupakan tokoh yang sangat dihormati dalam dunia diplomatik internasional. Sebagai Menteri Luar Negeri RI sejak tahun 2014, Retno Marsudi telah banyak berkontribusi dalam mewujudkan hubungan yang baik antara Indonesia dengan berbagai negara lain di dunia. Pengalaman dan wawasan yang dimilikinya di bidang diplomasi membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk memegang jabatan sebagai Utusan Khusus PBB untuk isu air dunia.

Retno juga akan bertindak sebagai pejuang dan advokat tingkat tinggi dalam isu air dan sanitasi, memajukan isu ini sebagai agenda politik utama di dalam dan luar PBB. Selain itu, ia akan memfasilitasi kerja sama antar pemangku kepentingan, memperkuat sistem PBB, dan memobilisasi sumber daya untuk mengatasi krisis air global.

Pengangkatan Retno Marsudi sebagai Utusan Khusus PBB untuk isu air dunia menunjukkan pengakuan dunia terhadap peran Indonesia dalam mempromosikan kerjasama internasional dalam menjaga dan mengelola sumber daya air, yang menjadi salah satu isu global yang semakin mendesak perhatian. Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting, namun semakin terancam oleh perubahan iklim, degradasi lingkungan, serta pertumbuhan populasi yang cepat. Oleh karena itu, langkah-langkah konkret dan koordinasi internasional sangat diperlukan untuk memastikan keberlanjutan pengelolaan sumber daya air di seluruh dunia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?