Tampang

Wih! Mahasiswa IPB Buat Alat Deteksi Dini Mastitis Sapi

8 Okt 2024 19:22 wib. 86
0 0
Wih! Mahasiswa IPB Buat Alat Deteksi Dini Mastitis Sapi
Sumber foto: Google

Mahasiswa IPB University mengembangkan Mas-Tion, alat deteksi dini mastitis pada sapi perah berbasis IoT, machine learning dan sensor electric-optical. Alat ini terhubung ke aplikasi dengan akurasi tinggi membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas susu di Indonesia.

Mastitis merupakan salah satu masalah kesehatan utama pada sapi perah yang dapat menyebabkan penurunan produksi susu dan kualitas susu. Untuk mengatasi masalah tersebut, sekelompok mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan solusi cerdas berupa alat deteksi dini mastitis yang dinamakan Mas-Tion. Alat ini menggunakan teknologi IoT (Internet of Things), machine learning, dan sensor electric-optical yang terhubung ke aplikasi khusus dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Proyek ini bermula dari kesadaran akan pentingnya kesehatan hewan dan kualitas produk susu di Indonesia. Melalui kolaborasi antara mahasiswa teknik, pertanian, dan komputer, Mas-Tion diharapkan dapat membantu peternak dalam mendeteksi dini gejala mastitis pada sapi perah.

Alat ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi para peternak dalam memantau kesehatan sapi perah secara real-time. Dengan adanya koneksi ke aplikasi khusus, peternak dapat langsung mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatan sapi perah mereka. Hal ini diharapkan dapat membantu dalam mengurangi kerugian akibat penurunan produktivitas susu akibat mastitis.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.