Tampang

Pengertian Simpati: Memahami dan Merasakan Perasaan Orang Lain

18 Jul 2024 17:12 wib. 217
0 0
Pengertian Simpati
Sumber foto: Google

Simpati adalah salah satu dari sekian banyak nilai kehidupan yang menjadi landasan utama dalam hubungan antar manusia. Kata kunci utama dari simpati adalah rasa empati, dimana seseorang mampu memahami dan merasakan perasaan orang lain, serta mampu menggambarkan pengertian terhadap apa yang sedang dialami oleh orang lain. 

Pengertian Simpati

Simpati berasal dari bahasa Yunani, yaitu “sym” yang artinya bersama dan “pathos” yang artinya penderitaan atau perasaan. Jadi, simpati dapat diartikan sebagai bersama-sama merasakan penderitaan atau perasaan seseorang. Konsep ini sering kali disandingkan dengan empati, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Simpati lebih mengacu pada keadaan dimana seseorang mampu mempresentasikan perasaan dan pemahaman atas keadaan orang lain tanpa harus merasakan atau bersimpati dengan perasaan tersebut.

Simpati ini seringkali muncul karena adanya rasa belas kasih dan kepedulian terhadap orang lain. Seseorang yang memiliki simpati yang tinggi akan mampu memahami perasaan orang lain, bahkan jika mereka tidak berada dalam situasi yang sama. Hal ini tercermin dalam perilaku dan sikap empati yang ditunjukkan, dimana mereka dapat memberikan dukungan dan pengertian terhadap orang lain dalam kesulitan, kesedihan atau masalah pribadi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Menelusuri Jejak Yesus di Tanah Suci
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.