Tampang

Kaki Seribu Raksasa Kembali Ditemukan di Madagaskar setelah Hilang 126 Tahun

19 Jul 2024 19:58 wib. 856
0 0
Kaki Seribu Raksasa Kembali Ditemukan di Madagaskar setelah Hilang 126 Tahun
Sumber foto: iStock

Ekspedisi dilakukan pada tahun 2023 dengan melibatkan 30 spesies dalam daftar pencarian. Proyek ini mampu mengungkap 30 spesies, termasuk kaki seribu raksasa yang sebelumnya telah dinyatakan hilang. Dmitry Telnov, seorang entomologis di BINCO, mengungkapkan kejutannya atas fakta bahwa kaki seribu raksasa Spirostreptus sculptus menjadi spesies yang hilang selama 126 tahun. Ia menambahkan bahwa spesies ini hanya dikenal lewat spesimen yang dideskripsikan pada tahun 1897.

Selain kaki seribu raksasa, ekspedisi juga berhasil menemukan dua spesies kumbang bunga yang mirip semut yang belum terdokumentasikan sejak tahun 1958, serta laba-laba pelompat (Tomocyrba decollate) yang terakhir kali ditemukan pada tahun 1900. Peneliti juga menemukan spesies baru laba-laba zebra di Madagaskar. Penemuan ini menunjukkan bahwa keanekaragaman hayati di Hutan Makira masih sangat besar, dan masih banyak spesies yang belum teridentifikasi.

Namun, tidak semua hewan dalam daftar pencarian berhasil ditemukan. Julia Linchant dari Wildlife Conservation Society Madagascar menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami kekayaan hayati di Makira. Meskipun hutan tersebut dapat dikategorikan sebagai salah satu hutan hujan terbesar di Madagaskar, pengetahuan tentang spesies-spesies yang mendiaminya masih sangat terbatas. Dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kekayaan hayati Makira, para peneliti dapat mengarahkan upaya perlindungan lebih efektif.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.