Tampang

Es Cendol: Lezatnya Minuman Khas Indonesia

22 Jun 2024 18:57 wib. 218
0 0
Es Cendol
Sumber foto: Google

Es cendol, minuman khas Indonesia yang memiliki rasa segar dan unik, telah menjadi favorit masyarakat Indonesia sejak lama. Dengan komposisi utama berupa campuran santan, gula merah, dan tetesan es, es cendol menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh di tengah teriknya cuaca tropis. Mari kita bahas lebih dalam tentang es cendol dan kenikmatannya.

Sejarah Es Cendol

Es cendol dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, dengan beragam variasi resep dan tampilan. Namun, es cendol pertama kali muncul di Jawa sebagai modifikasi dari minuman tradisional yang disebut "dawet". Konon, istilah "cendol" sendiri berasal dari bunyi "cetol" yang dihasilkan saat kain halus yang digunakan untuk menyaring air kelapa diremas-remas. 

Khasiat dan Bahan Utama

Es cendol terdiri dari beberapa bahan utama, diantaranya tepung beras, gula merah, dan santan. Tepung beras diolah dan dimasak hingga membentuk butiran panjang yang kenyal, dikenal sebagai cendol. Gula merah cair kemudian dituangkan di atas cendol untuk memberikan rasa manis khas. Santan yang mengalir di atasnya memberikan sentuhan gurih dan lembut yang menyempurnakan cita rasa es cendol.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.