Tampang

Waspada Gejala Kopling Mobil Manual "Ngempos", Ini Penyebabnya

27 Mei 2024 10:54 wib. 291
0 0
Gas Dan Kopling Mobil

Kopling mobil manual merupakan salah satu bagian yang rentan mengalami masalah. Beberapa gejala yang sering terjadi antara lain kopling ngelos (kosong/ngempos), kesulitan dalam memindahkan gigi, dan munculnya bunyi yang cukup keras saat gigi dipindahkan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, kemungkinan besar kinerja kopling mobil Anda tidak normal. Rusdy Sopiandi, pemilik bengkel Fendryss di bilangan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tekanan hidrolik garpu penyanggah kopling yang tidak mencapai tekanan maksimal. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kebocoran pada beberapa komponen kopling.

Kebocoran dapat terjadi pada release cylinder clutch dan master cylinder clutch, atau aus pada bagian seal-nya. Selain itu, kurangnya minyak kopling pada komponen tersebut juga dapat menyebabkan masalah yang sama. Efek dari masalah ini antara lain kesulitan memasukkan gigi, kopling selip, atau bahkan ketika kondisi macet atau menanjak, kopling bisa ngempos sehingga mobil mogok.

Untuk menangani masalah tersebut, pengecekan harus dilakukan secara teratur. Tahapan pengecekan yang dapat dilakukan antara lain adalah:
- Cek tekanan minyak kopling.
- Periksa kebocoran pada master cylinder clutch (bagian atas).
- Periksa kebocoran pada release cylinder clutch (bagian bawah).
- Periksa jarak injakan pedal kopling.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

14 Cara Mengatasi Rasa Bosan
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mar 2018
Manfaat Menangis untuk Tubuh
0 Suka, 0 Komentar, 10 Apr 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%