Tampang

Sah! Jokowi Resmikan Injeksi Bauksit untuk Pabrik Alumina di Mempawah

24 Sep 2024 11:12 wib. 59
0 0
Sah! Jokowi Resmikan Injeksi Bauksit untuk Pabrik Alumina di Mempawah
Sumber foto: iStock

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (24/09/2024) telah meresmikan injeksi bauksit perdana untuk proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Fase 1 PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Smelter fase 1 ini, yang memiliki kapasitas produksi alumina hingga sebesar 1 juta ton per tahun, diperkirakan menelan investasi sebesar Rp 16 triliun.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan smelter BAI merupakan upaya Indonesia untuk menuju status negara industri. Dia menyatakan bahwa pembangunan smelter ini, merupakan kerja sama antara PT Inalum dan PT Antam, akan mewujudkan impian Indonesia menjadi negara industri yang mampu memproses sumber daya alamnya sendiri, serta tidak lagi bergantung pada ekspor bahan mentah. Jokowi menyebutkan bahwa 56% dari kebutuhan aluminium di Indonesia masih diimpor, dan merinci bahwa kebutuhan aluminium di dalam negeri mencapai 1,2 juta ton, dengan 56% diantaranya masih diimpor.

Jokowi menegaskan bahwa proyek ini memiliki tujuan untuk menghentikan impor aluminium sebesar 56% yang saat ini terjadi, dengan harapan bahwa dengan investasi sebesar Rp 16 triliun ini, Indonesia akan memulai babak baru sebagai negara industri. Proyek SGAR Fase 1 ini merupakan proyek strategis nasional dari Holding BUMN Pertambangan MIND ID atau PT Mineral Industri Indonesia (Persero) dan group melalui anak usaha PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), yakni PT Borneo Alumina Indonesia (BAI).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.