Tampang

Rahasia Energi Tari Reog Ponorogo: Mitos dan Kehidupan Jawa Timur

31 Mei 2024 16:31 wib. 61
0 0
Tari Reog Ponorogo
Sumber foto: Pinterest

Tari Reog Ponorogo adalah seni tari tradisional yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Tari ini memiliki keunikan tersendiri, baik dalam gerakan maupun maknanya. Di balik keindahan gerakan tari Reog Ponorogo terdapat serangkaian mitos dan kepercayaan yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jawa Timur.

Mitos Jawa Timur dalam Tari Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo memiliki hubungan erat dengan mitos dan kepercayaan masyarakat Jawa Timur. Konon, tari ini diciptakan oleh Pangeran Agung Anom, putra Hadiningrat IV, yang menggambarkan kekuatan dan keberanian para prajurit dalam pertempuran melawan musuh. Mitos ini turut memberikan energi dan semangat kepada para penari dan penonton dalam menghadirkan tarian ini di atas panggung.

Selain itu, terdapat juga mitos yang menyebutkan bahwa tari Reog Ponorogo memiliki kaitan dengan pemujaan terhadap Dewa Barong. Dewa Barong diyakini sebagai penjaga desa yang memberikan perlindungan dan keberanian bagi masyarakat Jawa Timur. Dalam tarian ini, Barong Sendang Kelor yang digambarkan sebagai singa, merupakan simbol kekuatan dan kesaktian yang melambangkan keberanian dan kekuatan spiritual.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manusia dan Passion-nya
0 Suka, 0 Komentar, 29 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%