Tampang

Potensi Gempa Megathrust, DPR Minta Pemerintah Segera Lakukan Mitigasi

22 Agu 2024 08:41 wib. 86
0 0
Ilustrasi
Sumber foto: website

Dalam hal ini, Pemerintah tidak hanya perlu fokus pada mitigasi, tetapi juga mempersiapkan infrastruktur dan strategi evakuasi bencana. Upaya simulasi evakuasi bencana secara berkala di berbagai tempat, termasuk sekolah, kantor, dan pasar, menjadi salah satu langkah penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.

Daniel juga menekankan perlunya kerja sama dan sinergi antar lembaga terkait, seperti BMKG, BNPB, Kementerian PUPR, serta pemerintah daerah, guna memastikan respons yang cepat dan terkoordinasi dalam menghadapi ancaman gempa megathrust. Ketersediaan logistik darurat dan pelatihan mitigasi bencana alam juga menjadi hal yang sangat diperlukan.

Pendidikan kepada masyarakat mengenai penanganan bencana juga dianggap penting. Memberikan informasi secara berkala terkait potensi gempa megathrust dan meningkatkan kerja sama antar berbagai pihak terkait menjadi faktor penting dalam persiapan menghadapi potensi gempa megathrust.

Dalam menghadapi ancaman gempa megathrust, kesiapsiagaan dan kerja sama antar semua pihak sangat diperlukan. Pemerintah perlu memperbanyak program simulasi evakuasi bencana, pelatihan mitigasi, serta sosialisasi kepada masyarakat agar dapat merespon ancaman ini dengan baik.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?