Tampang

Tips Hemat Air Untuk Memperingati World Water Day

23 Mar 2024 12:58 wib. 82
0 0
Tips Hemat Air Untuk Memperingati World Water Day
Sumber foto: Google

Setiap tahun, tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air dan menjaga kelestarian sumber daya air. Air memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, tanpa air kehidupan tidak akan mungkin terjadi. Oleh karena itu, peringatan World Water Day memberikan kesempatan bagi kita untuk mengevaluasi kebiasaan penggunaan air sehingga dapat lebih hemat dan berkelanjutan.

Dalam keseharian, kita sering menggunakan air secara berlebihan tanpa sadar. Mulai dari kebiasaan membiarkan keran air menyala terus menerus ketika mencuci tangan, gigi, atau mencuci piring, hingga penggunaan air untuk keperluan yang sebenarnya bisa lebih efisien. Dengan adanya peringatan World Water Day, ini adalah saat yang tepat untuk memulai perubahan kebiasaan agar lebih hemat air. Berikut ini beberapa tips hemat air yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Perbaiki Keran yang Bocor

Kebocoran pada keran atau pipa dapat mengakibatkan pemborosan air yang tidak kecil. Jika terdapat keran yang bocor di rumah, segeralah perbaiki agar air tidak terbuang percuma. Hal ini juga dapat mengurangi tagihan air yang harus dibayarkan setiap bulan.

  • Gunakan Ember untuk Mencuci Mobil

Pencucian mobil dengan selang air dapat menggunakan banyak air. Coba ganti dengan menggunakan ember untuk menyabuni mobil, dan gunakan selang air hanya untuk membilasnya saja. Dengan cara ini, penggunaan air untuk mencuci mobil dapat lebih efisien.

  • Matikan Keran saat Tidak Digunakan
<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?