Tampang

Mengerikan! Baku Tembak di Papua Nugini Tewaskan 30 Orang

17 Sep 2024 05:10 wib. 47
0 0
Mengerikan! Baku Tembak di Papua Nugini Tewaskan 30 Orang
Sumber foto: website

Barisan kekerasan mengerikan terjadi di Papua Nugini, di mana baku tembak antara ratusan anggota suku di dataran tinggi telah menyebabkan kematian sedikitnya 30 orang. Hal ini telah dilaporkan oleh VOA Indonesia pada Senin (16/9/2024). Aparat keamanan ditugaskan dengan keadaan darurat untuk meredakan kekacauan yang terjadi.

Kerusuhan dimulai saat para penambang ilegal melukai pemilik tanah di Lembah Porgera pada Agustus 2024. Tambang emas di daerah tersebut merupakan salah satu tambang emas terbesar di Papua Nugini. Perundingan damai tidak membuahkan hasil, dan situasi pun berkembang menjadi bentrokan antar suku yang mengakibatkan sekitar 300 tembakan pada hari Minggu, 15 September 2024, seperti yang diungkapkan oleh Komandan Polisi Joseph Tondop.

Bentrokan tersebut mengakibatkan setidaknya 30 anggota suku tewas. Banyak perempuan dan anak-anak terpaksa mengungsi, sementara rumah-rumah terbakar habis. Dua pejabat juga tewas saat menunggu angkutan pulang setelah bekerja. Polisi melaporkan bahwa situasinya semakin buruk karena penambang ilegal dan pemukim ilegal mengabaikan hak-hak tradisional pemilik tanah serta menyebabkan ketakutan di kalangan masyarakat setempat.

Komisaris Polisi David Manning menyatakan bahwa pihaknya akan menggunakan kekuatan yang diperlukan untuk memulihkan ketertiban di daerah dataran tinggi yang sulit dijangkau. "Sederhananya, ini berarti jika Anda mengangkat senjata di tempat umum atau mengancam orang lain, Anda akan ditembak," ujar Manning dalam pernyataannya di akhir pekan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?