Tampang

Kilang Minyak Raksasa Baru RI Beroperasi Full di 2025, Ini Pemiliknya

19 Jul 2024 12:45 wib. 149
0 0
Kilang Minyak Raksasa Baru RI Beroperasi Full di 2025, Ini Pemiliknya
Sumber foto: iStock

Indonesia akan segera memiliki sebuah kilang minyak berteknologi canggih baru dengan kapasitas "raksasa" yang direncanakan akan beroperasi penuh pada tahun 2025 mendatang. Diperkirakan, kilang ini akan memiliki kapasitas pengolahan minyak mentah mencapai 360 ribu barel per hari (bph), dilengkapi dengan peningkatan kualitas produk minyak atau Bahan Bakar Minyak (BBM).

Rencana pembangunan proyek ini telah mencapai tahap yang signifikan, dengan peningkatan kapasitas unit pengolahan minyak mentah atau Crude Distillation Unit (CDU), terutama CDU IV, yang sudah terpasang sejak pertengahan Mei 2024. Total kapasitas pengolahan minyak mentah sudah mampu mencapai 360 ribu bph.

Proyek kilang minyak ini dikenal sebagai Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, Kalimantan Timur, yang merupakan proyek ekspansi Kilang Balikpapan yang telah beroperasi sebelumnya. Ketika proyek ini tuntas dan beroperasi sepenuhnya, kilang ini akan menjadi kilang minyak terbesar di Indonesia, melampaui kapasitas Kilang Cilacap yang berkapasitas 345 ribu bph.

Pemilik proyek ini adalah PT Kilang Pertamina Balikpapan (PT KPB), yang sahamnya sebesar 99,997% dimiliki oleh PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI), Subholding PT Pertamina (Persero). PT KPB didirikan untuk mengembangkan proyek RDMP Balikpapan & Lawe-Lawe dan menjalankan bisnis pengolahan kilang Refinery Unit (RU) V Balikpapan, Kalimantan Timur. Sedangkan sisanya, sebesar 0,003% saham dimiliki oleh PT Pertamina Pedeve Indonesia, yang juga Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Harap Optimis Sedang Ada Ujian!
0 Suka, 0 Komentar, 20 Des 2017
berpendidikan
0 Suka, 0 Komentar, 13 Mei 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?