Tampang

Heru Budi: Tak Lebih dari Juni, Ibu Kota Akan Pindah ke IKN Kalimantan

30 Mei 2024 11:59 wib. 77
0 0
Heru Budi: Tak Lebih dari Juni, Ibu Kota Akan Pindah ke IKN Kalimantan
Sumber foto: google

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menegaskan bahwa sebentar lagi Ibu Kota Negara akan pindah ke Nusantara di Kalimantan Timur. Jakarta akan berubah status menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Menurutnya itu akan terjadi dalam waktu dekat."Bapak ibu adalah kemungkinan tamu terakhir yang kami sebut selamat datang di ibu kota DKI Jakarta. Kalimat ini mungkin kalimat terakhir, nanti tidak lebih dari bulan Juni, Juli dan seterusnya ibu kota akan berpindah ke IKN Kalimantan," tuturnya kala berbicara dalam Crisis Management Conference 2024 di Hotel Langham Jakarta, Rabu (29/5).

Heru menuturkan kemungkinan acara Crisis Management Conference 2024 menjadi kesempatan terakhir Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut DKI Jakarta sebagai ibu kota dalam sambutan acara. Mulanya, Heru menyambut para hadirin kegiatan tersebut 'Selamat datang di DKI Jakarta'. Lalu dia mengatakan ke depan tak akan ada lagi sambutan itu melainkan, 'selamat datang di DKJ'. DKJ adalah singkatan dari Daerah Khusus Jakarta ketika ibu kota RI resmi pindah ke IKN Nusantara di Kalimantan.

Proyek pemindahan ibu kota merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Pemerintah telah menetapkan kawasan yang tepat untuk membangun ibu kota baru, yaitu di sekitar area Indonesia Knowledge Park (IKP) di Kalimantan Timur. Heru Budi menekankan bahwa pemindahan ibu kota ke IKN Kalimantan akan membawa manfaat besar bagi Indonesia dalam jangka panjang.

Pemindahan ibu kota ini diharapkan dapat membuka peluang pembangunan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru di wilayah Indonesia Timur. Selain itu, pemindahan ini juga diharapkan dapat mengurangi tekanan pada Jakarta dan menjadi langkah strategis dalam mengatasi isu-isu lingkungan yang kerap dihadapi oleh ibu kota saat ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%