Tampang

Fungsi OTP yang Perlu Diketahui Untuk Meningkatkan Keamanan Pegguna

13 Apr 2023 10:06 wib. 527
0 0
Fungsi OTP yang Perlu Diketahui Untuk Meningkatkan Keamanan Pegguna

Meskipun kata sandi biasa bisa sangat rumit dan sulit untuk ditebak peretas, tetapi biasanya pengguna hanya mengubahnya setiap beberapa bulan, atau terkadang tidak pernah. Itulah mengapa kata sandi jauh lebih rentan terhadap peretas dan pelanggaran data. Namun dengan penggunaan OTP dan kata sandi secara bersamaan, sistem akun bisa memberikan perlindungan tertinggi kepada pengguna dari risiko penipuan yang merugikan.

  • Membuat Kata Sandi Sulit Ditebak

Dengan kode OTP, kata sandi milik pengguna akan lebih sulit untuk ditebak sehingga peretas tidak bisa masuk dan mengambil alih akun. Pasalnya, OTP sering dibuat dengan algoritma yang memanfaatkan keacakan.Tentunya, hal ini bisa menyulitkan peretas untuk berhasil menebak dan menggunakannya.

OTP biasanya hanya berlaku untuk jangka waktu singkat. Bahkan mengharuskan pengguna untuk mengetahui OTP sebelumnya, atau memberikan tantangan kepada pengguna. Misalnya untuk memasukkan angka kedua dan kelima dari kode OTP yang dikirimkan. Semua tindakan ini semakin mengurangi kemungkinan peretan akun. Jika dibandingkan dengan autentikasi yang hanya menggunakan kata sandi, tentunya sistem ini dijamin lebih aman.

  • Meningkatkan Keamanan Pengguna

Kata sandi satu kali (OTP) yang dibuat secara acak akan memberikan keamanan yang lebih eksponensial daripada kata sandi buatan pengguna itu sendiri. Hal ini karena cukup banyak pengguna yang menggunakan kata sandi sama di banyak akun sekaligus. Dengan adanya OTP yang berupa kombinasi huruf dan angka unik, akun pengguna bisa memiliki sistem otentikasi tambahan sehingga sulit untuk diretas oleh oknum tidak bertanggungjawab.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Membaca Buku
0 Suka, 0 Komentar, 13 Jun 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?