Tampang

DPR Dorong Keran Ekspor Bauksit Dibuka Lagi, Ini Respons Menteri ESDM

13 Jul 2024 09:35 wib. 101
0 0
DPR Dorong Keran Ekspor Bauksit Dibuka Lagi, Ini Respons Menteri ESDM
Sumber foto: iStock

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memberikan tanggapannya terkait permintaan dari Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk membuka kembali ekspor bauksit dari Indonesia. Sejak 10 Juni 2023, pemerintah telah menutup keran ekspor bauksit dengan tujuan agar proses hilirisasi bauksit di dalam negeri dapat berkembang.

Namun, saat ditanya mengenai permintaan pembukaan keran ekspor bauksit di Indonesia, Arifin hanya merespon bahwa hal itu merupakan perkataan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Maman Abdurrahman. Jawaban yang singkat ini disampaikan oleh Arifin di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, pada hari Jumat, 12 Juli 2024.

Sebelumnya, Komisi VII DPR RI mendorong Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif untuk membuka kembali kebijakan ekspor bijih bauksit dengan kuota ekspor yang dibatasi. Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Maman Abdurrahman, menyebutkan bahwa usulan pembukaan ekspor bauksit dengan kuota terbatas ini bertujuan untuk menggerakkan perekonomian dan pendapatan daerah penghasil.

"Komisi VII DPR RI mendorong Menteri ESDM untuk mengkaji dan membuka kembali kebijakan pelarangan ekspor bauksit dengan kuota ekspor terbatas dalam rangka untuk menggerakkan perekonomian daerah penghasil bauksit sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ungkap Maman saat membacakan kesimpulan Rapat Kerja Komisi VII DPR RI bersama Menteri ESDM pada Senin, 8 Juli 2024.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Foto Game Indie
0 Suka, 1 Komentar, 19 Apr 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?