Tampang

Bos MSIG Life (LIFE) Ungkap 3 Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Naik

25 Jun 2024 21:45 wib. 52
0 0
Bos MSIG Life (LIFE) Ungkap 3 Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Naik
Sumber foto: Google

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk atau yang dikenal dengan nama MSIG Life (LIFE) melaporkan peningkatan klaim asuransi kesehatan sebesar 26,5% di kuartal pertama tahun 2024. Menurut laporan keuangan kuartal I/2024, MSIG Life mencatatkan klaim kesehatan sebesar Rp102,17 miliar per Maret 2024, meningkat dari sebelumnya Rp80,73 miliar.

Wianto Chen, Direktur Utama MSIG Life, menjelaskan bahwa ada tiga faktor yang menyebabkan naiknya klaim kesehatan tersebut. Pertama, faktor internal terkait besaran harga premi yang ditetapkan oleh perusahaan dari produk kesehatannya. Menurutnya, terdapat ketidaksesuaian harga di pasar dengan inflasi yang terjadi. Menyikapi hal ini, perusahaan berencana untuk menyesuaikan harga premi dengan inflasi melalui peluncuran produk kesehatan yang telah disesuaikan dengan inflasi.

Selain itu, MSIG Life juga mengurangi produk asuransi kesehatan yang banyak dibeli oleh korporasi. Pada tahun 2023, persentase kanal distribusi korporasi berhasil dikurangi menjadi 23% dari sebelumnya 37% pada tahun 2020. Dengan masuknya lebih banyak kanal ritel melalui agen dan bancassurance, perusahaan berhasil meningkatkan profitabilitasnya.

Faktor kedua yang disoroti adalah dugaan overtreatment yang dilakukan oleh rumah sakit. Pada saat ini, harga penindakan dan obat di rumah sakit belum memiliki panduan tarif. MSIG Life terus berkoordinasi dengan asosiasi untuk mendorong adanya panduan tarif dari Kementerian Kesehatan, yang diharapkan segera diterapkan untuk mengendalikan biaya klaim asuransi kesehatan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%