Tampang

Bahlil Curiga, Kilang Balikpapan Benar Terbakar atau Sengaja?

11 Okt 2024 05:22 wib. 55
0 0
Bahlil Curiga, Kilang Balikpapan Benar Terbakar atau Sengaja?
Sumber foto: pertamina-kbp.com

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyatakan kecurigaannya terhadap kebakaran yang terjadi pada unit Crude Distillation Unit (CDU) IV Kilang Balikpapan, yang merupakan bagian dari proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) PT Pertamina (Persero). Dalam diskusi dengan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, Bahlil bertanya baik mengenai penyebab kebakaran tersebut maupun apakah peristiwa ini sengaja terjadi.

Kesalnya Bahlil terkait megaproyek RDMP Kilang Balikpapan yang tak kunjung selesai telah muncul sejak dia menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Investasi sebesar US$7,4 miliar atau setara dengan Rp117,8 triliun (dengan kurs terkini) belum terealisasi dengan baik, hal ini menjadi dasar kecurigaan Bahlil terhadap kejadian kebakaran tersebut.

Disampaikan oleh Bahlil dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024 pada Kamis (10/10/2024), proyek RDMP Balikpapan yang belum selesai telah mengakibatkan peningkatan volume impor bagi Indonesia. Meskipun PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) telah menyatakan bahwa unit CDU IV sudah kembali beroperasi setelah kejadian kebakaran pada Sabtu (25/5/2024), masih belum dirasa cukup.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.