Tampang

Pemimpin Iran Ali Khamenei Singgung Penderitaan Muslim di India, New Delhi Meradang

17 Sep 2024 13:57 wib. 50
0 0
Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei
Sumber foto: website

Pada Senin (16/9/2024), Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengeluarkan pernyataan yang memicu ketegangan dengan India terkait penindasan yang dialami oleh kelompok minoritas Muslim di negara tersebut. Khamenei menyatakan bahwa umat Islam harus mengenali dan peduli terhadap penderitaan umat Muslim di berbagai belahan dunia, termasuk di Myanmar, Gaza, serta India.

Pernyataan ini pun menciptakan ketegangan antara Iran dan India. India mengecam pernyataan ini dan menyebutnya sebagai informasi yang keliru dan tidak dapat diterima. Kementerian Luar Negeri India menyesalkan komentar tersebut dan menyarankan negara-negara yang memberikan komentar terkait perlakuan terhadap minoritas untuk tidak lupa melihat catatan perlakuan terhadap minoritas dalam negaranya sendiri sebelum memberikan pandangan terhadap negara lain.

Kedua negara memiliki hubungan yang kuat, yang dibuktikan oleh penyetujuan kesepakatan 10 tahun untuk membangun dan mengoperasikan Pelabuhan Chabahar di Iran pada bulan Mei. India telah membangun pelabuhan di Chabahar, Iran, yang memiliki nilai strategis karena memungkinkan pengangkutan barang-barang ke wilayah Iran, Afghanistan, dan negara-negara Asia Tengah melalui pelabuhan di Pakistan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?