Tampang

Mantan Presiden AS Donald Trump Memiliki Potensi Redam Sepak Terjang NATO

4 Jul 2024 19:09 wib. 166
0 0
Mantan Presiden AS Donald Trump Memiliki Potensi Redam Sepak Terjang NATO
Sumber foto: Unsplash

Menurut sumber politik, anggota blok Eropa yang tidak memenuhi kewajiban pengeluaran pertahanan minimal sebesar 2% dari Produk Domestik Bruto (PDB) mereka, tidak akan menerima kelimpahan pertahanan dan jaminan keamanan dari AS. Hal ini menunjukkan bahwa Trump memiliki keinginan untuk memperkuat posisi AS dalam aliansi ini serta menegaskan tanggung jawab negara-negara anggota.

Sebagian sumber menyebutkan bahwa AS tidak memiliki cukup kekuatan militer untuk digunakan di seluruh dunia, terutama dalam menghadapi ancaman China yang dianggap lebih signifikan daripada Rusia. Hal ini juga memperkuat pandangan bahwa Trump memiliki fokus yang lebih kuat terhadap ancaman China dan kolaborasi antara China dan Rusia. Dalam reorientasi NATO yang diusung oleh Trump, AS akan mempertahankan keberadaannya di Eropa dengan menempatkan pangkalan udara dan laut. Sementara, sebagian besar infanteri, logistik, dan artileri akan ditangani oleh sekutu di Eropa.

Namun, politikus dan mantan pejabat pemerintahan Trump menyoroti bahwa negara-negara Eropa belum siap untuk mengisi peran militer yang diperluas dalam waktu dekat. Mereka juga mencatat bahwa benua Eropa saat ini lebih lemah secara ekonomi dan lebih bergantung pada pasokan energi dari AS. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kestabilan dan keamanan di kawasan tersebut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.