Tampang

Konferensi Berlin: Pembagian Afrika oleh Kekuatan Eropa

26 Mei 2024 17:31 wib. 121
0 0
Konferensi Berlin
Sumber foto: Pinterest

Konferensi Berlin adalah sebuah pertemuan penting yang diadakan pada tahun 1884-1885 di Berlin, Jerman, yang melibatkan berbagai negara Eropa untuk membahas pembagian wilayah di benua Afrika. Konferensi ini merupakan salah satu momen kunci dalam sejarah kolonialisme Eropa di Afrika dan memiliki dampak yang sangat signifikan pada masa depan benua tersebut.

Pada abad ke-19, Eropa sedang dalam periode ekspansi kolonial yang besar. Negara-negara Eropa bersaing untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dan politik melalui pendudukan dan eksploitasi wilayah-wilayah di luar Eropa. Salah satu wilayah yang menjadi sasaran utama adalah Afrika, yang kaya akan sumber daya alam dan potensi ekonomi yang besar.

Sebelum Konferensi Berlin, banyak negara Eropa telah memulai proses penjajahan dan ekspansi ke wilayah-wilayah di Afrika tanpa batasan atau perjanjian yang jelas. Hal ini menyebabkan konflik dan persaingan di antara negara-negara Eropa yang berusaha mengklaim wilayah-wilayah yang sama. Untuk menghindari konflik dan perang antara negara-negara Eropa tersebut, Kanselir Jerman Otto von Bismarck mengusulkan untuk mengadakan konferensi internasional guna menetapkan aturan-aturan yang jelas terkait pembagian wilayah di Afrika.

Pada Konferensi Berlin, para peserta utama terdiri dari perwakilan dari 14 negara Eropa, termasuk Jerman, Prancis, Britania Raya, Portugal, dan Belgia. Amerika Serikat juga diundang sebagai peninjau, meskipun tidak memiliki kepentingan besar di Afrika. Konferensi ini dipimpin oleh Jerman dan dihadiri oleh 14 negara, tanpa ada perwakilan dari wilayah atau orang Afrika.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Peran Komunitas dalam Kesuksesan Sebuah Game
0 Suka, 0 Komentar, 14 Jul 2024

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?