Tampang

Kapal Militer China Wara-wiri di Perairan AS, Ada Apa?

13 Jul 2024 09:41 wib. 153
0 0
Kapal Militer China Wara-wiri di Perairan AS, Ada Apa?
Sumber foto: Unsplash

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menemukan beberapa kapal militer China saat melakukan patroli rutin di Laut Bering. Kapal-kapal tersebut ditemukan berada di perairan internasional, namun masih berada dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) AS. Kapal Penjaga Pantai AS mendeteksi tiga kapal sekitar 124 mil (200 kilometer) di utara Celah Amchitka di Kepulauan Aleut. Beberapa saat kemudian, awak helikopter dari Pangkalan Udara Penjaga Pantai Kodiak menemukan kapal keempat sekitar 84 mil (135 kilometer) di utara Celah Amukta.

Pernyataan resmi pada Rabu (10/7/2024) menyebutkan bahwa keempat kapal China tersebut melewati perairan internasional namun masih berada di dalam Zona Ekonomi Eksklusif AS yang membentang sejauh 200 mil laut (370 kilometer) dari garis pantai AS. Kapal-kapal China ini memberi tahu Penjaga Pantai bahwa tujuan mereka berada di sana adalah "operasi kebebasan navigasi". Dikatakan bahwa kehadiran angkatan laut China beroperasi sesuai dengan aturan dan norma internasional. Komandan Distrik Penjaga Pantai Ketujuh Belas, Laksamana Muda Megan Dean, menyatakan bahwa mereka menghadapi kehadiran tersebut untuk memastikan tidak ada gangguan terhadap kepentingan AS di lingkungan maritim di sekitar Alaska.

Penjaga Pantai menegaskan bahwa tidak ada persyaratan bagi negara asing untuk secara proaktif menghubungi suatu negara sebelum memasuki Zona Ekonomi Eksklusif mereka. Dalam kasus ini, kapal-kapal China menanggapi ketika Penjaga Pantai menghubungi melalui radio. Meskipun begitu, mereka enggan memberikan informasi terkait berapa lama kapal-kapal China berada di Zona Ekonomi Eksklusif, namun mengatakan bahwa kapal dan awak udara terus memantau mereka hingga transit di selatan Kepulauan Aleut menuju Samudra Pasifik Utara.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.