Tampang

Istimewanya Libur Lebaran...

19 Jun 2018 21:36 wib. 1.233
0 0
Istimewanya Libur Lebaran...

Pada libur lebaran ada berbagai aktifitas yang bisa dilakukan. Mudik ke kampung halaman, berlibur ke luar kota, piknik ke berbagai tempat wisata di sekitar kota, menghabiskan waktu bersantai di rumah, reuni dengan teman-teman lama, dan beragam aktifitas lainnya. Sebenarnya aktifitas yang bisa dilakukan di libur lebaran ini tak jauh berbeda dengan liburan lainnya, tapi ada satu hal yang membuat libur lebaran ini berbeda, yakni mudik atau pulang kampung!

Yang membuat mudik ini unik yaitu, budaya mudik ini sendiri hanya ada di Indonesia. Inilah kekhasan Indonesia, bangsa yang kental dengan budaya kekeluargaannya. Ketika hari lebaran, orang-orang rela menempuh jarak yang tidak dekat, rela berlama-lama di jalan, tahan dengan macetnya jalanan yang rasanya hampir di luar logika, bersabar dengan berdesak-desakan di kendaraan umum, rela bergadang untuk mendapatkan tiket kereta api dengan tanggal yang sesuai untuk bisa berkumpul dengan sanak saudara, rela juga untuk membelanjakan sejumlah uang untuk ongkos mudik juga oleh-oleh. Mereka rela melakukan banyak hal demi bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di hari lebaran ini.

Lebaran memang luar biasa, selain para pemudik yang rela untuk melakukan berbagai hal untuk keluarganya, ternyata lebaran juga dipersiapkan juga oleh berbagai pihak. Ada banyak pihak yang juga ‘mendukung’ kelancaran dan keberlangsungan lebaran ini. Coba deh perhatikan ke jalanan, menjelang lebaran ada pos-pos pengamanan dari aparat kepolisian yang memang membantu mengamankan arus lalu lintas. Mereka pun rela untuk tetap menjalankan tugasnya di hari lebaran ini. Demi keamanan lalu lintas para pemudik, mereka tetap bertugas di hingga di hari lebaran. Padahal, tak sedikit yang tentunya ingin merayakan hari lebaran di tengah keluarga.

Selain adanya pengamanan dari aparat kepolisian, perhatikan juga deh khususnya di jalur-jalur jalan menuju ke luar kota, di kiri-kanan jalan juga ada mobil-mobil dari stasiun televisi yang meliput dan melaporkan bagaimana arus mudik di jalan dengan berbagai moda transportasi. Ada reportase dari bandara, stasiun kereta api, terminal, dan juga tentunya reportase pengguna jalan darat di jalur-jalur menuju luar kota. Para reporter ini melaporkan arus lalu lintas dari beberapa hari sebelum lebaran untuk memantau arus mudik dan juga liputan terus berlanjut hingga beberapa hari setelah lebaran untuk memantau arus balik. Bagi para pemudik yang menggunakan jalur darat, reportase ini sungguh bermanfaat untuk pemilihan jalur dan juga waktu berangkat. Para pemudik, khususnya para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi akan sangat terbantu jika memantau situasi lalu lintas yang bisa kita saksikan di tayangan-tayangan arus mudik yang disiarkan di televisi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%