Tampang

Israel Waswas Wabah Virus Mematikan West Nile Masuki Puncak Musim Panas

4 Jul 2024 14:15 wib. 188
0 0
Israel Waswas Wabah Virus Mematikan West Nile Masuki Puncak Musim Panas
Sumber foto: google

Meskipun virus West Nile umumnya dianggap sebagai penyakit ringan, namun dalam beberapa kasus, ini dapat mengakibatkan morbiditas yang parah bahkan sampai kematian. Infeksi virus ini biasanya berlangsung tanpa gejala namun, pada beberapa kasus, gejala flu bisa muncul yang meliputi demam, sakit kepala, lemas, nyeri otot, konjungtivitis, ruam, dan kadang mual serta diare.

Dokter di seluruh pusat perawatan medis di Israel melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kasus-kasus ini. Mereka memberikan cairan dan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder serta dapat memasang alat ventilasi kepada pasien-pasien dengan keadaan yang parah. Selain itu, berbagai usaha dilakukan untuk memberikan infus antibodi intravena yang disebut IVIG dan obat interferon yang mampu memperkuat kemampuan sistem imun untuk menghilangkan penyebaran virus dalam tubuh.

Masa inkubasi virus West Nile biasanya berkisar antara 7 hingga 14 hari, bahkan dalam kasus luar biasa, dapat dimulai dari 3 hingga 21 hari. Virus ini tidak menular dari orang ke orang. Adapun orang-orang yang berisiko terpapar virus ini adalah pasien dengan penyakit kronis yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, pasien kanker dengan kekebalan tubuh yang buruk, bayi, maupun orang tua.

Untuk mencegah penularan virus, langkah utama yang bisa dilakukan adalah dengan mencegah gigitan nyamuk melalui penggunaan obat nyamuk. Masyarakat juga diimbau untuk melaporakan keberadaan nyamuk di sekitar tempat penampungan air kepada pihak berwenang. Meskipun saat ini belum ada vaksin tersedia untuk manusia terhadap virus West Nile, namun vaksinasi pada hewan, seperti kuda, sudah tersedia untuk melindungi mereka dari virus tersebut. Berbagai penelitian lanjutan diharapkan dapat membawa temuan baru terkait pencegahan dan penanganan virus West Nile. Oleh karena itu, kerjasama antara pemerintah, institusi medis, dan masyarakat sangat diperlukan dalam menghadapi wabah ini.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Telur Setengah Matang
0 Suka, 0 Komentar, 5 Apr 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.