Tampang

Badai Helene Tutup Tambang Kuarsa, Produksi Cip Global Terganggu

4 Okt 2024 11:01 wib. 39
0 0
Badai Helene Tutup Tambang Kuarsa, Produksi Cip Global Terganggu
Sumber foto: iStock

Kuarsa digunakan dalam metode Czochralski, yang merupakan metode utama dalam pembuatan silikon yang ideal untuk produksi semikonduktor. Kuarsa yang berasal dari tambang Spruce Pine di Carolina Utara merupakan salah satu yang paling murni di dunia. Kuarsa tersebut terbentuk ratusan juta tahun lalu dalam kondisi yang khas yang mengandung sedikit air, menjadikannya sangat istimewa.

Kemurnian kuarsa Spruce Pine sangat penting untuk memastikan kualitas silikon yang dihasilkan. Hal ini menjadikannya bagian penting dari rantai pasokan semikonduktor global. Penutupan tambang ini akan berdampak pada industri cip, terutama tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka kembali tambang tersebut dan jalur transportasi yang menghubungkannya dengan dunia luar.

Pembuat cip besar seperti Samsung Electronics Co, Infineon Technologies AG, SK Hynix Inc, dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) telah menyatakan bahwa mereka tidak mengantisipasi dampak yang signifikan terhadap operasi mereka untuk saat ini. Namun, dampak penutupan tambang ini akan lebih dirasakan oleh pembuat wafer silikon, seperti Shin-Etsu Chemical Co, Sumco Corp, dan GlobalWafers Co, yang memasok ke perusahaan-perusahaan besar seperti TSMC.

Beberapa dari perusahaan ini memiliki persediaan berbulan-bulan, namun jika situasi penutupan tambang ini berlarut-larut, mereka bisa bergerak lebih cepat untuk mendiversifikasi sumber kuarsa mereka, sehingga menguntungkan saingan Sibelco dan Quartz Corp.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Adam Smith
0 Suka, 0 Komentar, 27 Jun 2024
Tips Usir Tikus Tanpa Racun
0 Suka, 0 Komentar, 11 Jul 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.