Tampang

AS-Arab Saudi Akan Perkuat Kerja Sama di Tengah Agresi Israel

5 Jun 2024 05:09 wib. 54
0 0
AS-Arab Saudi Akan Perkuat Kerja Sama di Tengah Agresi Israel
Sumber foto: google

Kerja sama antara Arab Saudi dan Amerika Serikat ini disebut-sebut sebagai salah satu upaya AS untuk melanjutkan perbincangan normalisasi hubungan antara Saudi dan Israel. Namun, pemerintah Riyadh tetap menegaskan bahwa kemerdekaan Palestina tetap menjadi kunci dari segala perjanjian yang akan dilakukan. Hal ini dikarenakan, pihak Saudi menginginkan adanya gencatan senjata serta kemerdekaan bagi Palestina.

Saat ini, Pemerintah AS sedang aktif berupaya untuk memberikan proposal gencatan senjata kepada Israel dan Hamas, dengan harapan menyediakan solusi atas konflik yang berkepanjangan di wilayah tersebut. Usaha tersebut juga menjadi bukti keseriusan AS dalam mendorong terwujudnya negara Palestina yang merdeka dan berdaulat.

Selain itu, pemerintahan Joe Biden juga berencana untuk mencabut larangan penjualan senjata ke Arab Saudi dalam beberapa minggu ke depan. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk menghindari eskalasi konflik di Timur Tengah. Ratney juga menyatakan bahwa ia melihat peluang besar terkait perjanjian AS-Arab Saudi, yang diyakini akan menjadi suatu perjanjian formal yang bertahan lama, tidak hanya terkait dengan satu pemerintahan tetapi melibatkan kedua negara secara keseluruhan.

Ratney juga menambahkan bahwa perjanjian tersebut memiliki potensi untuk memperkuat kemitraan keamanan antara Amerika Serikat dan Arab Saudi, meningkatkan hubungan ekonomi, serta membawa Israel dan Arab Saudi ke dalam suatu kawasan yang sama. Selain itu, perjanjian ini juga diharapkan dapat membawa manfaat dan keuntungan bagi Palestina sebagai langkah awal menuju kemerdekaan negara tersebut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%