Tampang

Arkeolog Menemukan Kepala Hilang Dewa dari Gerbang Kemenangan Angkor Thom

24 Mei 2024 09:17 wib. 65
0 0
Arkeolog Menemukan Kepala Hilang Dewa dari Gerbang Kemenangan Angkor Thom
Sumber foto: indonesiawindow.com

Arkeolog dari APSARA authority Kamboja telah menemukan kepala panjang yang hilang dari patung Dewa dari Gerbang Kemenangan Angkor Thom.

Gerbang Kemenangan adalah salah satu dari lima gerbang menuju Angkor Thom, ibu kota terakhir Kekaisaran Khmer, yang didirikan pada akhir abad ke-12 oleh Raja Jayavarman VII. Masa pemerintahannya menandai periode emas dengan proyek konstruksi yang signifikan dan pengenalan negara kesejahteraan.

Kepala yang ditemukan merupakan bagian dari salah satu dari 54 patung Dewa yang menghiasi jalan menuju gerbang, melambangkan mitos Hindu tentang Pemerasan Laut Susu. Terbuat dari batu pasir, kepala tersebut relatif utuh namun hilang hidung dan bibir atas, yang memperkaya warisan arkeologi Angkor Thom. Kehadiran kepala tersebut memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang seni dan budaya pada masa itu.

Angkor Thom merupakan bukti kehebatan kebudayaan dan kerajaan Khmer pada masa silam. Semua bangunan di kota ini didirikan dengan menggabungkan seni, agama, dan ilmu pengetahuan pada masa itu. Pemahaman kita terhadap masa kejayaan Angkor Thom semakin bertambah dengan penemuan kepala patung Dewa ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%