Tampang

Ketan Sarikaya, Kuliner Padang yang Unik Beserta Resepnya

28 Jun 2018 15:50 wib. 1.860
0 0
Ketan Sarikaya, Kuliner Padang yang Unik Beserta Resepnya

Selama ini, masakan Padang selalu diidentikkan dengan rendang, gulai kikil, sambal ijo, atau ikan dan ayam bakar. Tentu saja, perbendaharaan kulinernya tak sampai di sana. Bagaimana dengan camilan atau minuman khas Padang?

Ada ketan sarikaya yang tersohor itu. Beras ketan Thailand yang matang setelah dikukus, dicocol ke "saus" serikaya yang manis dan gurih. Hidangan ini pas untuk memadamkan lidah yang kepedasan.

Ada pula minuman khas bernama kawa daun. Kawa artinya kopi, dari bahasa Arab qahwah. Daun dari bahasa Indonesia. Jadi kawa daun adalah minuman yang dibuat dari seduhan daun kopi. Penampakannya seperti teh yang diseduh dengan air panas, bukan dari bijinya. Cara menikmatinya juga terbilang unik, yaitu memakai tempurung alias batok kelapa.

Ada juga teh talua atau teh telur. Bentuk dan rasanya menyerupai teh tarik. Bedanya, teh talua ditambahkan sebutir telur bebek mentah, kemudian diaduk. Untuk menikmatinya, tamu disarankan agar menambahkan perasan jeruk nipis demi menghilangkan rasa dan aroma amis.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Alhamdulillah, Terimakasih Ya Allah...
0 Suka, 0 Komentar, 3 Mar 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%