Tampang

Tips Mencegah Kelelahan Otot saat Berolahraga Intensif

12 Jun 2024 17:07 wib. 40
0 0
Tips Mencegah Kelelahan Otot saat Berolahraga Intensif
Sumber foto: Google

Olahraga intensif merupakan bagian penting dalam mempertahankan kesehatan tubuh dan meningkatkan kebugaran. Namun, berolahraga dengan intensitas tinggi juga bisa menyebabkan kelelahan otot yang tidak diinginkan. Kelelahan otot, jika tidak diatasi dengan benar, dapat mengganggu proses pemulihan dan mempengaruhi performa olahraga kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami beberapa tips mencegah kelelahan otot saat berolahraga intensif.

1. Pemanasan yang Cukup
Sebelum memulai sesi berolahraga intensif, pastikan untuk melakukan pemanasan yang cukup. Pemanasan yang tepat akan membantu persiapan otot dan sendi untuk aktivitas yang lebih intensif. Melakukan pemanasan akan membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot yang akan bekerja, sehingga mempersiapkan mereka untuk aktivitas fisik yang lebih berat. Pemanasan yang cukup juga akan mengurangi risiko cedera dan mengoptimalkan performa olahraga.

2. Pilih Intensitas yang Sesuai
Saat berolahraga intensif, penting untuk memilih intensitas yang sesuai dengan kondisi fisik kita. Terlalu tingginya intensitas olahraga dapat menyebabkan kelelahan otot yang berlebihan. Oleh karena itu, kenali batas kemampuan tubuh kita masing-masing dan berikan kesempatan bagi otot untuk beradaptasi dengan tingkat intensitas yang lebih tinggi secara bertahap.

3. Istirahat yang Cukup
Memberikan waktu istirahat yang cukup bagi otot-otot setelah sesi berolahraga intensif sangat penting untuk proses pemulihan. Saat kita istirahat, tubuh akan melakukan perbaikan sel-sel otot yang rusak selama aktivitas fisik. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan penumpukan kelelahan otot yang pada akhirnya dapat mengganggu performa dan meningkatkan risiko cedera.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%