Tampang

Penyakit yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi: Penyebab dan Pencegahan

2 Jun 2024 12:19 wib. 158
0 0
Penyakit yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi: Penyebab dan Pencegahan
Sumber foto: Pinterest

Kolesterol tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang semakin sering terjadi di masyarakat saat ini. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Namun, apa sebenarnya penyebab dari kolesterol tinggi ini? Salah satu penyebabnya adalah adanya penyakit tertentu yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

1. Diabetes
Diabetes merupakan kondisi kronis dimana tubuh tidak dapat mengatur kadar gula darah dengan baik. Orang yang menderita diabetes cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, terutama kolesterol jahat (LDL) yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kondisi ini disebabkan karena diabetes dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan plak dalam arteri.

2. Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal yang tidak terkontrol dengan baik juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik tidak mampu mengeluarkan kolesterol dan zat-zat lain dari tubuh, sehingga dapat menyebabkan penumpukan kolesterol dalam darah.

3. Hipotiroidisme
Hipotiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon untuk tubuh. Kondisi ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan menyebabkan penumpukan kolesterol dalam darah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%