Tampang

Macam Perawatan Kulit untuk Rosacea, Suntik sampai Laser

24 Mei 2024 14:17 wib. 208
0 0
Perawatan Kulit untuk Rosacea

Sondang menegaskan bahwa perawatan ini bertujuan untuk mengurangi dan mengobati gejala rosacea, bukan penyebabnya. Dalam hal ini, laser disesuaikan dari jenis kulit, warna kulit, dan profil kulit pasien agar hasilnya maksimal sambil meminimalkan efek samping.

Selain perawatan dengan laser, Sondang juga menyebutkan bahwa pilihan terapi lainnya adalah dengan suntik di permukaan kulit. Suntikan ini dapat mengurangi aktivitas kelenjar minyak sehingga pori-pori mengecil, produksi minyak berkurang, dan timbulnya jerawat rosacea pun berkurang. Meskipun demikian, suntikan ini dapat menimbulkan efek samping seperti rasa nyeri saat disuntik, sehingga diberikan anestesi oles untuk mengurangi rasa perih.

Setelah menjalani terapi perawatan kulit untuk rosacea, baik laser maupun injeksi, Sondang menyarankan pasien untuk menghindari paparan sinar matahari, keringat berlebih, dan menggunakan air bersih untuk beraktivitas. Kebersihan juga dianggap penting karena luka akibat suntikan akan cepat hilang. Selain itu, pemakaian krim yang biasanya digunakan untuk kulit merah sebaiknya ditunda untuk sementara waktu.

Pada tahap persiapan sebelum menjalani perawatan, penting untuk memastikan tidak ada tanda infeksi di kulit. Selain itu, pasien juga perlu diberi edukasi bahwa tindakan seperti laser dapat meninggalkan kemerahan selama 4 hingga 7 hari, terutama jika kulit pasien termasuk sensitif.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.