Tampang

Kesehatan Reproduksi: Fakta dan Mitos yang Harus Diketahui

18 Jun 2024 09:24 wib. 193
0 0
Kesehatan Reproduksi: Fakta dan Mitos yang Harus Diketahui
Sumber foto: google

4. Menopause dan Perubahan Hormon
   Menopause adalah fase alami dalam kehidupan seorang wanita ketika menstruasi berhenti secara permanen. Ini biasanya terjadi antara usia 45-55 tahun dan disertai dengan perubahan hormon yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional. Pemahaman yang baik tentang menopause dapat membantu wanita mengelola gejala dengan lebih baik.

5. Fertilisasi dan Kehamilan
   Kesuburan seorang wanita dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk usia, kesehatan umum, dan gaya hidup. Kesuburan mulai menurun secara signifikan setelah usia 35 tahun. Mengetahui siklus menstruasi dan masa subur dapat membantu pasangan yang mencoba untuk hamil.

Mitos tentang Kesehatan Reproduksi

1. Mitos: PMS Tidak Terlalu Serius
   Faktanya, PMS (Premenstrual Syndrome) dapat sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari seorang wanita. Gejalanya dapat berupa perubahan mood, kram perut, sakit kepala, dan kelelahan. PMS yang parah mungkin memerlukan perawatan medis.

2. Mitos: Anda Tidak Bisa Hamil saat Menstruasi
   Meskipun kecil kemungkinannya, kehamilan bisa saja terjadi jika berhubungan seksual tanpa perlindungan saat menstruasi. Sperma dapat hidup di dalam tubuh wanita selama beberapa hari, dan jika ovulasi terjadi segera setelah menstruasi, kehamilan dapat terjadi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.