Tampang

Kenapa Main HP Saat Naik Mobil Bikin Mual? Ini Jawabannya.

2 Apr 2024 08:40 wib. 155
0 0
Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan terjadi akibat adanya konflik pada panca indra kita. Ketika kita berada di perjalanan, mata kita melihat suatu hal tertentu yang mungkin bergerak dengan cepat. Namun, di sisi lain, otot merasa kita sedang duduk diam, sedangkan sistem vestibular pada telinga yang mengontrol rasa keseimbangan tidak bisa bekerja dengan baik.

Semua respons yang didapat indra selama perjalanan membuat otak kebingungan. Otak tidak bisa menerima sinyal yang bercampur tersebut, akibatnya, kita merasa pusing dan mual.

Di sisi lain, terdapat pula istilah cybersickness. Kondisi ini mirip dengan motion sickness, tetapi terjadi karena terlalu banyak stimulasi mata yang tidak selaras dengan rangsangan yang diterima oleh telinga dan otak, seperti yang dilansir oleh Healthline. Belum lagi kecerahan layar yang membuat mata menjadi tidak nyaman.

Mungkin, ketika kita naik kendaraan dan menerima segala stimulasinya, tubuh kita masih bisa mentolerir sehingga kita tidak mengalami motion sickness. Namun, ketika kita memutuskan untuk main HP, semuanya berubah. Stimulasi yang diterima mata tidak lagi sinkron dengan otot dan telinga, sehingga kita mengalami kombinasi antara motion sickness dan cybersickness. 

Cara Mengatasi Mual Saat Main HP di Mobil atau Kendaraan

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?