Tampang

Apakah Aman Makan Biji Wijen Mentah? Ulasan Pakar Nutrisi Tentang Kesehatan Tubuh

1 Jun 2024 20:37 wib. 197
0 0
Manfaat Biji Wijen Mentah
Sumber foto: Google

Menurut para pakar nutrisi, konsumsi biji wijen mentah sebaiknya dalam jumlah terbatas. Sebagai sumber kalsium, biji wijen mentah dapat memberikan kontribusi penting dalam menjaga kesehatan tulang. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, oksalat yang terkandung dalam biji wijen dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya.

Biji wijen mentah juga mengandung fitat, yang dapat mengganggu penyerapan mineral tertentu dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan atau masalah penyerapan mineral, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi sebelum menambahkan biji wijen mentah ke dalam pola makan mereka.

Terkait keamanan, biji wijen mentah dapat mengandung bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan keracunan makanan jika tidak disimpan atau dikelola dengan benar. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli biji wijen dari sumber yang terpercaya dan menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk mencegah kontaminasi.

Untuk mengurangi risiko yang terkait dengan mengkonsumsi biji wijen mentah, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, lakukan penanganan dan penyimpanan biji wijen dengan hati-hati untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri. Kedua, konsumsilah biji wijen dalam jumlah yang moderat dan seimbang, serta kombinasikan dengan makanan lain yang sehat agar manfaatnya dapat dioptimalkan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.