Tampang

7 Makanan Lezat yang Aman Dikonsumsi Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

17 Mei 2024 05:29 wib. 120
0 0
7 Makanan Lezat yang Aman Dikonsumsi Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh manusia dan juga dapat diperoleh melalui konsumsi makanan hewani. Fungsi kolesterol ini sangat vital dalam tubuh, karena membantu produksi vitamin D, hormon, dan asam empedu yang penting untuk pencernaan lemak. Namun, kadar kolesterol dalam darah bisa berbeda-beda, tergantung pada risiko individu terhadap penyakit arteri. Ketika kadar kolesterol darah melebihi batas normal, kondisi ini sering disebut sebagai hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi, yang meningkatkan risiko untuk penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu, kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, yang menjadi alasan mengapa penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, terutama melalui pola makan sehat dan konsumsi makanan penurun kolesterol.

Berbagai jenis makanan telah direkomendasikan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, salah satunya adalah makanan yang kaya akan stanol dan sterol. Sterol dan stanol merupakan jenis senyawa yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Makanan yang mengandung senyawa ini meliputi yogurt, susu, sereal, dan margarin. Kedua senyawa ini bekerja dengan cara menurunkan kolesterol LDL atau yang lebih dikenal sebagai kolesterol jahat, sehingga konsumsi makanan yang kaya akan stanol dan sterol dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel juga merupakan sumber makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ikan-ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Konsumsi ikan secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah-buahan seperti apel, jeruk, pisang, dan anggur serta sayuran seperti brokoli, bayam, dan kacang-kacangan mengandung serat larut yang dapat menyerap kolesterol dan membantu tubuh membuangnya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%