Tampang

7 Ciri-ciri Sakit Jantung pada Wanita yang Mudah Dikenali, Bunda Perlu Waspada

21 Apr 2024 09:26 wib. 97
0 0
Penyebab Penyakit Jantung pada Wanita
Sumber foto: Google

Sakit jantung bukan lagi hanya menjadi masalah kesehatan yang menimpa pria, tetapi juga wanita. Menurut World Health Organization (WHO), sakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia, termasuk bagi para wanita. Namun, gejala sakit jantung pada wanita seringkali berbeda dengan pria, sehingga seringkali sulit untuk dideteksi. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk memahami ciri-ciri sakit jantung yang khas pada diri mereka, agar dapat segera mendapatkan pertolongan medis yang diperlukan. Berikut ini adalah 7 ciri-ciri sakit jantung pada wanita yang mudah dikenali, dan penting bagi para wanita untuk waspada terhadapnya.

1. Nyeri atau Ketidaknyamanan pada Dada
   Ciri yang paling umum dari sakit jantung pada wanita adalah adanya nyeri atau ketidaknyamanan pada dada. Namun, perlu diingat bahwa nyeri dada pada wanita mungkin tidak terasa seperti nyeri dada pada pria yang secara klasik seperti ada beban yang menimpa dada. Pada wanita, nyeri atau ketidaknyamanan ini seringkali terasa lebih seperti rasa terbakar, tertekan, atau tertarik, dan bisa terjadi di bagian tengah atau sisi kiri dada. 

2. Nyeri di Leher, Rahang atau Punggung
   Wanita yang mengalami sakit jantung juga sering mengalami nyeri di bagian leher, rahang, atau punggung, yang seringkali dianggap sebagai masalah yang kurang berhubungan dengan jantung. Namun, nyeri ini sebenarnya bisa menjadi gejala sakit jantung pada wanita, khususnya ketika tidak memiliki sebab yang jelas.

3. Sesak Napas
   Ketika wanita merasakan kesulitan bernapas atau sesak napas yang tidak lazim, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada jantung. Semakin sering sesak napas terjadi, terutama saat beraktivitas maupun dalam keadaan istirahat, semakin besar kemungkinan adanya masalah pada jantung.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Resep Bikin  Biskuit Oreo Rumahan
0 Suka, 0 Komentar, 21 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?