Tampang

Perjalanan Luar Angkasa Pertama Asia: Kisah Pham Tuan

16 Jun 2024 17:35 wib. 41
0 0
Perjalanan Luar Angkasa Pertama Asia: Kisah Pham Tuan
Sumber foto: vietnamnet tv

Phm Tuân, lahir pada 14 Februari 1947, di Kin Xng, provinsi Thái Bình, Vietnam Utara, merupakan salah satu tokoh sejarah yang sangat dihormati dan menjadi kebanggaan nasional Vietnam. Ia dikenal karena menjadi orang Vietnam pertama dan juga orang Asia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Perjalanan luar angkasa bersejarahnya terjadi pada 23 Juli 1980, dengan mengikuti misi Soyuz 37 sebagai bagian dari program Interkosmos Uni Soviet. Selama hampir delapan hari misi, yang meliputi enam hari di stasiun luar angkasa Salyut 6, ia melakukan eksperimen ilmiah yang signifikan.

Sebelum perjalanan luar angkasanya, Phm Tuân memiliki karir cemerlang di Angkatan Udara Rakyat Vietnam, bergabung pada tahun 1965 dan menjadi seorang pilot. Ia diakui atas misi-misi perangnya selama Perang Vietnam, terutama keterlibatannya dalam Operasi Linebacker II pada Desember 1972, di mana sumber-sumber Vietnam mengakui bahwa ia berhasil menembak jatuh sebuah pesawat pengebom B-52 Amerika Serikat.

Setelah perjalanan luar angkasanya, Tuân terus melayani Vietnam, naik pangkat menjadi jenderal letnan, dan menjabat berbagai peran di Majelis Nasional serta Departemen Umum untuk Industri Pertahanan sebelum pensiun pada tahun 2008.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%