Tampang

Berapa Lama Telur Bisa Disimpan? Begini Tipsnya agar Stok di Rumah Tetap Segar

21 Jun 2024 10:49 wib. 295
0 0
Berapa Lama Telur Bisa Disimpan? Begini Tipsnya agar Stok di Rumah Tetap Segar
Sumber foto: google

Menyimpan telur di kulkas bisa membuat umur telur lebih tahan lama, asal dilakukan dengan tepat. Menurut Food and Drugs Administration atau FDA, suhu ideal untuk menyimpan telur adalah di bawah 7 derajat celsius yang membuatnya mampu bertahan selama 5 minggu.

Namun, sebaiknya hindari menyimpan telur di rak yang ada di bagian pintu kulkas. Hal ini dikarenakan proses buka-tutup kulkas dapat membuat suhu di area tersebut jadi tidak stabil yang membuat telur mudah cepat rusak. Disarankan untuk menyimpan telur di chiller atau area rak paling dalam di kulkas untuk mendapatkan suhu yang stabil.

Kualitas kulkas yang ada di dalam rumah juga mempengaruhi kualitas penyimpanan telur. Sebaiknya kulkas yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan di rumah dilengkapi dengan fitur yang lengkap, mulai dari suhu yang stabil dan tempat penyimpanan yang luas supaya bisa menyetok berbagai macam bahan kebutuhan sehari-hari.

Cek Tanda Kebusukan Telur

Meski sudah tahu cara menyimpan yang benar, ada baiknya juga mengenali tanda-tanda telur yang sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengecek apakah telur masih segar atau sudah busuk.

1. Tes Apung: Isi mangkuk besar dengan air dan masukkan telur ke dalamnya. Jika telur tenggelam dan tetap berada di dasar, ini menandakan bahwa telur masih segar. Namun, jika telur mengapung, itu tandanya telur sudah busuk dan sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

2. Cium Aroma: Telur segar biasanya tidak memiliki aroma yang tidak sedap. Jika kita mencium bau tak sedap seperti bau busuk saat memecahkan telur, sebaiknya buang telur tersebut.

3. Periksa Warna dan Tekstur: Kuning telur yang segar akan terlihat bulat dan kenyal, sedangkan putih telurnya masih jernih dan kental. Jika kita melihat kuning telur yang sudah pecah dan menyebar atau putih telur yang encer, kemungkinan besar telur sudah tidak segar.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fakta Unik
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.